Langsung ke konten utama

Kesmas atau Kesehatan Masyarakat

Assalamualaikum Wr.Wb.
Hai Teman-teman! Selamat Datang di situs saya yang berjudul Kesehatan Masyarakat.
Ini adalah blog pertama saya semoga bermanfaat yaaa!!!

Buat teman-teman yang diluar sana yang penasaran tentang “Kesehatan Masyarakat” ini, ataupun buat adik-adik yang ingin melanjutukan pendidikan ke peguruan tinggi dan menjadikan “Ilmu Kesehatan Masyarakat” sebagai salah satu minatan jurusuannya, di sini saya akan berbagi secara ringkas tentang ” Apa itu Kesehatan Masyarakat”. 

Sebelum ke topik Kesehatan Masyarakat, saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya yang berjurusan dikesehatan masyarakat. Pertamanya sih saya ingin masuk kejurusan kedokteran, tapi karena saya tidak lulus makanya saya mengambil jurusan kesehatan masyarakat. Dengan awalan terpaksa tersebut saya jalanin hari-hari saya di jurusan kesmas. Dan ternyata jurusan kesmas tidak seperti apa yang saya pikirkan, jurusan kesmas sangat menyenangkan, dengan ospek yang bertabur dengan ketawa-ketiwi maba, sampai masuk dengan dosen-dosen yang memberi materi yang belum pernah kita pelajari saat SMA, dan penyuluha-penyuluhan yang memberi banyak manfaatnya. Oke! Untuk mempercapat waktu, marilah acara kita mulai. Eh maksudnya kita akan langsung membahas tentang jurusan Kesehatan Masyarakat. Hehe :)

Definisi Ilmu Kesehatan Masyarakat (bahasa Inggris:public health) menurut profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958) adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi d masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya.

Kesehatan masyarakat memiliki tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menggerakkan seluruh potensi masyarakat. Dapat diartikan bahwa perilaku sehat masyarakat harus ditingkatkan dan dipelihara oleh petugas kesehatan. Kondisi masalah kesehatan di Indonesia sebagian besar terkait perilaku masyarakat dan petugas kesehatan yang belum sepenuhnya mendukung menuju perilaku hidup sehat. Upaya mengubah perilaku masyarakat menjadi perilaku sehat dapat dilakukan atas dasar keadaan tersebut maka wajib bagi petugas kesehatan memiliki kompetensi melakukan promosi kesehatan.

Ilmu kesehatan masyarakat  pada hakikatnya merupakan ilmu yang terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Biologi, Fisika, Kimia, Kedokteran, Lingkungan, Sosiologi, Psikologi, Antropologi, Ekonomi, Administrasi, Pendidikan dan Lain – lain. Dan pada semester 5 biasanya ada pembagian peminatan, yaitu :
  1. Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)
  2. Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku.
  3. Biostatistika/Statistik Kesehatan.
  4. Kesehatan Lingkungan.
  5. Gizi Kesehatan Masyarakat.
  6. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
  7. Epidemiologi.
  8. Kesehatan Reproduksi.  
Nah, cukup segitu dulu yaa pembahasan jurusan Kesmasnya. Jangan lupa sering-sering mampir keblog aku yaa!! See you :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Administrasi Pembangunan

KATA PENGANTAR Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya lah, Makalah ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Administrasi Pembangunan di tahun ajaran 201 6. Dengan membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang Administrasi Pembangunan . Kami sadar, sebagai seorang mahasiswa yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan makalah ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Harapan kami, semoga makalah yang sederhana ini, dapat memberi manfaat tersendiri bagi teman-teman sekalian. Pekanbaru, Oktober 201 6 Penyusun DAFTAR ISI KATA PENGANTAR....................................................................................

Soal-soal Dasar Ilmu Kependudukan

PERTUMBUHAN PENDUDUK DUNIA DAN TEORI TEORI KEPENDUDUKAN 1.       Sebutkan sebab-sebab   penurunan mortalitas pada adab ke 18 dan 19,kecuali…………. A.     Perbaikan di bidang pertanian,menyebabkan peningkatan produksi pangan dan perbaikan gizi B.      Perbaikan dibidang transportasi,menyebabkan distribusi pangan dan barang menjadi lebih       mudah C.      Industrialisasi,perkembangan sistem pabrik berarti makin banyak barang industri sebab     meninkatkannya pertanian dan transportasi D.     Menurunnya mortalitas,menyebabkan keterpencilan penyebaran beberapa macam penyakit kecil seperti cacar,kolera 2.       Pada abad ke berapakah pertumbuhan penduduk afrika   yang di hambat oleh tingginya mortalitas dan perdagangan budak oleh bangsa amerika dan lautan hindia………………… A.     Abad 19                             B.      Abad 20 C.      Abad 21 D.     Abad 22 3.       Maltus mengemukakan beberapa pendapat tentang kependudukan yait

Makalah Ilmu Kesehatan Masyarakat

DAFTAR ISI Kata Pengantar                          Daftar Isi         BAB I PENDAHULUAN     1.1   Latar Belakang            1.2   Rumusan Masalah       1.3   Tujuan Penulisan         BAB II PEMBAHASAN 1.       Kesehatan Lingkungan a.        Pengertian Kesehatan Lingkungan b.       Tujuan Kesehatan Lingkungan c.        Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan 2.       Promosi Kesehatan a.        Pengertian Promosi Kesehatan b.       Peran Promosi Kesehatan dalam Kesehatan 3.       Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) a.        Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja b.       Fungsi Keselamatan dan Kesehatan Kerja            4.       Manajemen Kesehatan a.        Pengertian Manajemen Kesehatan b.       Manajemen Puskesmas c.        Manajemen Rumah Sakit 5.       Gizi a.        Pengertian Gizi 6.       Kesehatan Reproduksi a.        Pengertian Kesehatan Reproduksi b.       Ruang Lingkup Kesehatan Reproduksi 7.       Epidemiologi a.